Misi Lokal Mahasiswa 2014: Merintis Jalan Kerajaan Allah Melalui Dunia Pendidikan

Pelayanan Mahasiswa kini juga mengerjakan misi lokal pendidikan dengan nama Kelompok Belajar Cerdas Ceria (KBCC).  KBCC merupakan sebuah komunitas belajar yang dirintis mahasiswa alumni Kamp Regional Bersama (2011) dan Kamp Nasional Mahasiswa (2010) sejak tahun 2011. Komunitas bimbingan belajar gratis ini rindu mengerjakan satu bentuk pelayanan misi di bidang pendidikan. Kerinduan ini diwujudnyatakan melalui bimbingan belajar gratis kepada anak–anak Dusun Jambuan, di satu desa sekitar kampus Tegalboto. Anak-anak yang dilayani rata-rata adalah siswa SD (Sekolah Dasar) dari kelas satu hingga kelas enam SD. Melalui pola pembimbingan yang sekreatif mungkin, diharapkan anak-anak ini akhirnya memiliki sikap senang belajar dan mudah dalam memahami materi pelajaran mereka. Doakan agar benih Injil Kerajaan Allah juga dapat ditaburkan kepada anak-anak ini.
        Akhir Tahun 2014, komintas KBCC  telah memasuki tahun ketiga dalam melayani anak-anak Jambuan. Selama tiga tahun ini banyak kisah dan sukacita yang dialami, tetapi kehadiran adik-adik mulai berkurang. Adik-adik yang masih rindu belajar bersama kami, saat ini tinggal 20 siswa. Hal serupa juga terjadi pada teman-teman pengajar, yaitu jumlahnya terus berkurang dan  saat ini tersisa 6 mahasiswa dan 3 staf.  Kendala yang sedang dihadapi pada tahun ini adalah kurangnya komitmen pengajar sehingga beberapa kelas tidak ada pengajarnya dan harus digabung dengan kelas yang lain. Selain itu regenerasi pengajar sangat sulit karena minimnya SDM. Namun kami tetap bersyukur untuk adik-adik yang tetap datang untuk belajar dan bermain di KBCC, serta pengajar-pengajar setia menyediakan waktu, tenaga dan pengetahuannya untuk adik-adik.

       KBCC ini telah berjalan dengan dukungan dan doa dari banyak pihak. Sumber dana KBCC berasal dari komitmen pengajar, alumni pengajar dan donatur. Bersyukur untuk tahun ini ada 3 donatur yang telah mendukung KBCC. Saldo keuangan KBCC saat ini sebesar Rp 1.474.000,- dengan total kebutuhan untuk tahun ini sebesar Rp 3.550.000,-. Banyak hal yang harus diperbaiki dan diperbaharui untuk menjawab tantangan pendidikan saat ini. Kami berharap dalam kerangka bertindak lokal berpikir global, KBCC dapat berkontribusi untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Comments

Popular posts from this blog

NADIA KRISTANTI (Ketua Persekutuan Siswa Kristen Jember)

ALUMNI BERMISI