Badan Pengurus Ranting (BPR) Perkantas Jember: Membangun Sinergi Pelayanan

Tanpa terasa, kepengurusan Badan Pengurus Ranting (BPR) 2013-2014 sudah genap berusia dua tahun di bulan Desember 2014 ini. Kepengurusan yang diketuai Agung Sih Pambudi, S.E ini pada periode 2015-2016 ke depan mengalami sedikit “penyegaran” posisi, khususnya di jabatan sekretaris dan bendahara. Jika pada periode sebelumnya Sekretaris diemban oleh Meliana Anggraeni, S.H., maka di periode ke depan akan dijabat oleh Nila Kusrendrawati, S.P. Sedangkan jabatan Bendahara akan diemban oleh Meliana Anggraeni, S.H. yang menggantikan Martha Hutabarat, S.Sc. yang mengakhiri komitmennya di tahun ini. Jabatan ketua tetap diemban oleh Agung Sih Pambudi, S.E.
          Pelayanan Perkantas menjadi unik karena gerak pelayanan tidak semata-mata bertumpu pada keberadaan staf (pembina rohani penuh waktu), tetapi juga bersinergi dengan para pengurus (board) yang mengemban tugas organisatoris. Keberadaan BPR yang mampu bersinergi dengan staf dalam mengembangkan pelayanan Perkantas di Jember menjadi salah satu kunci penting pertumbuhan pelayanan siswa dan mahasiswa, serta memelihara api pelayanan alumni di kota Jember.
          Dalam pengembangan pendanaan pelayanan, BPR Perkantas Jember patut bersyukur karena anggaran pendanaan yang nyaris mencapai angka dua ratus juta rupiah (Rp. 205.940.000,-), dapat tercukupkan hingga pertengahan Desember 2014 ini dengan realisasi jumlah pengeluaran Rp. 166.722.092,- (belum termasuk pengeluaran salary staf di akhir bulan Desember 2014). Sedangkan total pemasukan selama tahun 2014 ini telah mencapai Rp. 181.002.647,-. Sungguh inilah Providensia Allah yang nyata di dalam pelayanan Perkantas Jember hingga saat ini.
          Di tahun 2015, tentu saja anggaran kebutuhan pelayanan akan meningkat. Kebutuhan dana untuk tahun 2015 yang dianggarkan pengurus BPR Perkantas Jember mencapai angka Rp. 231.094.000,-.Secara manusia, tentu hal ini menimbulkan kegentaran tersediri. Apalagi pengurus sudah sepakat untuk mulai mendaftarkan seluruh staf Perkantas Jember dalam program BPJS kesehatan sebagaimana yang memang sudah diatur oleh pemerintah. Namun perjalanan pelayanan Perkantas Jember yang tak pernah lepas dari pemeliharaan Allah, tentu tetap menjadi “batu peringatan” bagi pengurus dan seluruh komponen pelayanan untuk tetap bersandar kepada Allah, Sang Pemilik Pelayanan ini. Kami keluarga besar Perkantas Jember terus mengajak seluruh alumni dalam dan luar kota, serta para donatur dan mitra pelayanan Perkantas Jember untuk bergandengan tangan (bersinergi) mengerjakan proyek pemuridan siswa dan mahasiswa di Jember, yang semakin tak mudah dan penuh tantangan.

          Kiranya di tahun 2015, bukan hanya dari segi dana Tuhan akan menyatakan Kuasa-Nya, tetapi yang lebih kami rindukan adalah Kuasa Allah makin dinyatakan terhadap pelayanan penjangkauan dan pemuridan siswa dan mahasiswa. Akhirnya, Soli Deo Gloria.

Comments

Popular posts from this blog

NADIA KRISTANTI (Ketua Persekutuan Siswa Kristen Jember)

ALUMNI BERMISI