2010 AKHIRI PROGRAM 10 TAHUN

Perkantas Jember memulai Program 10 tahunannya pada dua dasawarsa lalu. Tahun 2010 ini merupakan akhir dari dasawarsa kedua program sepuluh tahunannya.

Banyak hal telah terjadi dalam sepuluh tahun terakhir, regenerasi kepengurusan Badan Pengurus Ranting (BPR), komponen sampai dengan perpindahan rumah persekutuan.

Beberapa catatan yang bisa dikemukakan sepanjang sepuluh tahun ini merupakan karya Allah yang bisa dilihat oleh setiap pribadi yang terlibat dalam pelayanan ini, baik siswa, mahasiswa, badan pengurus, alaumni ataupun donatur.

Banyuwangi Mandiri

Setelah dirintis pada duapuluh tahun lalu, khususnya pelayanan siswa di Banyuwangi, pada tahun 2007 telah terbentuk BPR lengkap dengan pengurus dan staf.

Kemandirian pelayanan di Banyuwangi diharapkan mampu mengeffektifkan pelayanan Perkantas di kota Banyuwangi dan menjangkau wilayah sekitarnya.

Staf

Pengembangan pelayanan tidak terlepas dari faktor kompetensi staf. Study staf merupakan jalur yang bisa diambil untuk meningkatkannya. Dalam sepuluh tahun ini, dua fulltime staf telah menyelesaikan studinya. Johan Deretah menyelesaikan program study M.A (2004) dan Yusuf Deswanto menyelesaikan program M.Div (2006). Dan kini keduanya aktif melayani di Jember.

Pergumulan yang masih tersisa saat ini adalah belum adanya staf baru yang turut melayani di Jember dan di Lumajang. Jika melihat kebutuhan ladang saat ini, sedikitnya diperlukan dua staf lagi untuk menangani siswa dan mahasiswa.

Pelayanan di Lumajang

Sekalipun jarak yang dekat (70 km) dan jalur transportasi yang relatif mudah, kota Lumajang baru bisa dijangkau pada awal tahun 2007, hal ini terkait dengan tidak banyaknya alumni yang tinggal di Lumajang. Karena perintisan pelayanan di sebuah daerah sangat didukung oleh keberadaan alumni di daerah tersebut.

Setelah pelayanan berjalan tiga tahun, kini pelayanan di Lumajang sudah menampakkan geliatnya. Dengan terbukanya sekolah-sekolah yang ada di kota ini, kebutuhan yang paling mendesak bagi pelayanan di kota ini adalah tersedianya satu staf penuh waktu yang dapat terus mendampingi perkembangan ladang. Pelayanan pemuridan yang berkembang di kota ini menjadi sasaran yang harus segera dicapai ke depan.


Comments

Popular posts from this blog

ALUMNI BERMISI

NADIA KRISTANTI (Ketua Persekutuan Siswa Kristen Jember)