Permaker: The Next Generation

Time to Plan and Reaching Campus with Regional Staf

 

Perjuangan pelayanan mahasiswa di Jember yang diusung tim baru pengurus Permaker ke depan tidaklah mudah.  Dengan personil yang mayoritas masih sangat “belia” di dalam pelayanan, pengurus baru Permaker harus menghadapi realita sulitnya wadah-wadah pelayanan mahasiswa di kampus untuk diajak bergiat dalam visi pemuridan.   Kampus yang mandiri dan kampus yang otonom adalah “jargon-jargon” pelayanan mahasiswa di kampus (baik dengan nama PMK maupun dengan nama UKM Kerohanian Kristen) seolah membuat kampus semakin sulit ditembus dengan visi pemuridan; menjangkau mahasiswa dengan Injil dan bertumbuh untuk hidup demi Injil Kerajaan Allah.  Dengan realita seperti ini, pengurus Permaker pada tanggal 29 Januari 2011 yang lalu mengadakan Rapat Kerja, guna menyusun program pelayanan di tahun 2011. Ladang memang semakin “sulit,” namun dengan visi dan kuasa Tuhan bukan tidak mungkin untuk ditembus dengan Injil Kerajaan Allah. Maka focus program pelayanan Permaker ke depan adalah bagaimana membangun komunikasi dengan PMK atau UKM Kerohanian di kampus, dan bagaimana memperlengkapi pengurus-pengurus di PMK kampus dengan visi dan skill pelayanan.

Dengan kondisi masih terbatasnya tenaga staf dan tantangan pelayanan yang tidak semakin mudah, maka mulai tahun 2011 ini pelayanan mahasiswa di Jember akan mendapat pendampingan secara langsung dari staf mahasiswa regional Jawa Timur.  Bergantian dua minggu sekali, Bapak Anggriadi Ricky dan Bapak Anthon Katobba akan langsung terjun mendampingi pelayanan mahasiswa di Jember. Diharapkan melalui kunjungan rutin dua staf mahasiswa dari Surabaya ini penjangkauan kampus-kampus dengan visi dan filosofi pelayanan yang tepat, serta pendewasaan pengurus Permaker dapat ditingkatkan.

Pada kunjungan pertama, Jumat, 12 Februari 2011, Bapak A. Ricky dan Bapak Anthon K. sempat mengajak seorang alumni pengurus PMK Kota Surabaya, Nura Dendang Sombolinggi.  Setelah melakukan “survey” kecil-kecilan dengan berkeliling di sekitar kampus Universitas Jember, rekan-rekan staf dan alumni dari Surabaya ini langsung mengadakan pertemuan dengan pengurus Permaker dan TPS untuk memetakan pelayanan dan menyusun agenda travelling ke Jember selama tahun 2011. Agenda kunjungan pertama ke Jember ini segera diisi pada sore harinya dengan materi “How to Start Small Group,” yang disampaikan Kak Ricky kepada para pemimpin KTB siswa dan mahasiswa. “Keep your spirituality fresh!” demikian kira-kira kesimpulan dari pertemuan pertama Kak Ricky dengan para pemimpin KTB ini.

Pada kunjungan kedua, Jumat-Sabtu, 25-26 Februari 2011, Kak A. Ricky datang seorang diri dan melakukan banyak pengenalan dengan beberapa persekutuan di kampus. Kunjungan pertama adalah perjumpaan Kak Ricky dengan Persekutuan Doa di UKKM Fak. Pertanian pada hari Jumat, 25 Februari 2011. Pengenalan Kak Ricky terhadap pola persekutuan mahasiswa di Jember berlanjut dengan kesempatan mengisi pembinaan pengurus baru di UKM Kerohanian “Sola Gracia” FISIP UJ.  Pada Jumat sore harinya, Kak Ricky berkesempatan untuk mengadakan pertemuan khusus dan sharing dengan pengurus Permaker.  Pertemuan dari hati ke hati ini diharapkan dapat “menyuntikkan” semangat pelayanan kepada pengurus Permaker yang rata-rata masih baru.  Pembinaan Mahasiswa Khusus pada hari Sabtu, 26 Februari 2011 menjadi agenda Kak Ricky berikutnya. Dengan tema “Mengenal ajaran Yahweisme,” pembinaan yang ditujukan khusus untuk mahasiswa binaan ini sangat membukakan wawasan akan konsep nama-nama Tuhan yang berkembang saat ini.  Doakan terus untuk pengembangan pelayanan mahasiswa Jember, khususnya dengan keberadaan travelling staf yang akan berlangsung dua kali dalam sebulan di tahun 2011 ini.

Comments

Popular posts from this blog

NADIA KRISTANTI (Ketua Persekutuan Siswa Kristen Jember)

ALUMNI BERMISI