Perkembangan Pelayanan Ter-Gress dari Jember
Catatan November 2006


BADAN PENGURUS RANTING (BPR) Perkantas Jember
Praised be to God! Pelayanan BPR Perkantas Jember selama satu tahun telah sampai pada purna program. Pada tanggal 11-12 November 2006 yang lalu seluruh jajaran pelayanan BPR Perkantas mengadakan Rapat Kerja tahunan BPR Perkantas Jember. Memang ada yang harus diresponi dengan sukacita, karena beberapa perkembangan pelayanan di tiap bidang. Namun, tak kurang pula hal-hal yang mendatangkan keprihatinan, karena terjadinya penurunan dalam berbagai bidang pelayanan. Kelompok Kecil (KTB) mahasiswa paling banyak mengalami penurunan kualitas dan kuantitas pelayanan di tahun 2006 ini. Demikian pula target PI di berbagai bidang juga mengalami masa ”paceklik.” Toh semuanya itu tak boleh mengurangi rasa syukur kita, karena pelayanan ini adalah milik Allah dan daripada-Nyalah segala keberhasilan pelayanan. Yang menjadi tugas kami, seluruh jajaran pelayan BPR Perkantas Jember, adalah mengevaluasi diri; sejauh mana optimalisasi diri telah kami lakukan di dalam mengerjakan pelayanan ini ke depan. Itulah yang menjadi doa kami di akhir Raker BPR Perkantas Jember 2006 ini: bekerja dengan total bagi Kerajaan Allah.
Di tengah Raker BPR Perkantas Jember ini pula, telah dipilih beberapa personil alumni yang telah menyediakan diri untuk menjadi pengurus BPR Perkantas Jember selama satu periode ke depan. Yang pertama adalah Drg. Lia Amalia yang telah mengambil komitmen untuk menjadi Bendahara BPR Perkantas Jember minimal satu periode ke depan. Dokter gigi yang mantan TPS Surabaya ini sebenarnya bukanlah orang baru di dalam lingkup pelayanan Perkantas Jember. Sebelum pengantin baru ini mengambil studi di FKG Unair dan melayani sebagai TPS Surabaya, ia adalah aktivis Persekutuan Siswa Kristen Jember. Personil pengurus BPR yang baru lainnya adalah Kristin Asri, S.Pd. Ibu guru ini juga bukanlah orang baru di dalam jajaran pelayanan Perkantas Jember. Beberapa tahun yang lalu, alumni FKIP Univ. Jember ini juga pernah menjabat sebagai Ketua PKKAJ (Persekutuan Kristen Antar Alumni Jember). Di samping dua personil baru ini, korps BPR Perkantas Jember ke depan tetap akan diisi ”wajah lama,” yaitu Dony Purwanto, S.H. sebagai ketua, Elya Mahendra, S.Pd. sebagai anggota urusan rumah tangga. Selamat bekerja, laskar-laskar Kristus...! (desw)

Pelayanan Mahasiswa Jember (PERMAKER dan TPPM)
Tidak banyak kegiatan pelayanan mahasiswa pada bulan November ini yang dikerjakan oleh Permaker. Sejak awal November hingga berita ini ditulis rata-rata mahasiswa di Jember sedang berkonsentrasi menghadapi Ujian Tengah Semester. Karenanya pengurus Permaker lebih memberikan kesempatan teman-teman mahasiswa untuk berkonsentrasi menghadapi ujian.
Meski tidak disibukkan dengan pelayanan dengan PMK-PMK kampus, pengurus Permaker tetap menyempatkan diri untuk mengasah diri mereka. Mereka sepakat untuk bersama-sama belajar dari sebuah buku yang berjudul Renovation of the Heart, yang ditulis oleh Dallas Willard. Bersama staf mahasiswa, pengurus Permaker mencoba untuk memahami, mendiskusikan, dan menerapkan apa yang disebut Formasi Spiritualitas berdasarkan bacaan buku ini.
Untuk fokus pelayanan Permaker ke depan, pengurus sedang mempersiapkan regenerasi pengurus Permaker periode 2006-2007. Disamping sedikit ”dipusingkan” dengan kader-kader yang sangat terbatas (sebagai dampak KTB yang kurang berhasil), pengurus juga berencana untuk mengadakan rangkaian pembinaan calon pengurus. Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya adalah, pembinaan ini akan diadakan secara bersama-sama antara Permaker, Tim PI, PMK PSKM (Kesehatan Masyarakat & Farmasi), serta PMK FKIP-MIPA Universitas Jember. Diharapkan dengan pembinaan gabungan seperti ini efisiensi tenaga dan waktu, serta semangat kebersamaan dalam mengerjakan pelayanan dapat direngkuh.
Satu hal yang menjadi pergumulan pengurus Permaker saat ini adalah, kesulitan dalam perekrutan calon pengurus baru. Hal ini disebabkan karena minimnya mahasiswa yang dapat memenuhi standar atau kriteria minimal yang diharapkan. Doakan pelayanan Permaker ke depan di dalam membangun kembali pelayanan pemuridan melalui KTB yang menurun drastis tahun ini. (desw)

Tim PI Perkantas Jember
Tim PI Perkantas Jember pun sedang bersiap-siap untuk melakukan penyegaran di dalam jajaran pengurusnya. Diharapkan pada tahun ini terjadi regenerasi terutama di ”kursi” ketua, karena selama 2 tahun terakhir Shinta telah dengan setia mengkoordinir seluruh pengurus ”lokomotif” gerakan penginjilan di Perkantas Jember ini. Doakan beberapa pengurus yang hingga berita ini ditulis, masih menggumulkan ”kursi” kepemimpinan Tim PI ini.
Pelayanan Perkabaran Injil tahun ini belum berjalan dengan efektif sesuai yang diharapkan. Menurunnya semangat anggota Tim PI untuk menjadikan bersaksi sebagai gaya hidup adalah kendala utama menurunnya kegerakan PI, khususnya di lingkup pelayanan mahasiswa. Ke depan pengurus Tim PI sedang berancang-ancang untuk mengefektifkan kegiatan penyegaran semangat PI melalui acara reuni mantan peserta Pelatihan EE reguler yang telah mencapai hitungan dalam puluhan ini. Doakan agar kegiatan ini lebih menggairahkan gaya hidup bersaksi di kalangan mahasiswa. (desw)

PSKJ / TPS JEMBER
Menjelang akhir tahun, pelayanan siswa menampakkan geliat yang lumayan keras, terutama dalam Pemberitaan Injil dan pembentukan KTB-KTB yang ada. Sampai berita ini ditulis, target PI yang 71 0rang msih terealisasi 56 orang, dan target KTB yang 19 kelompok baru tercapai 10 orang. Target terakhir ini belum tercapai karena beberapa PKK yang seharusnya sudah mulai menjalankan KTBnya msih belum jalan. Tamnpaknya kesibukan para pembeimbing siswa untuk terus PI dan membentuk KTB akan terus berjalan karena masih ada siswa yang mesih belum di PI dan belum terfollow up. Doakanlah agar Tuhan memberikan terus semangat dan sukacita kami dalam mengerjakan pelayanan.
Sementara di bagian lain saat ini pelayanan siswa Jember sedang memikirkan strategi yang lebih tepat untuk mengembangkan sekolah-sekolah pengembangan yang telah ada, dengan jumlah pembimbing yang ada. Puji Tuhan, jumlah CTPS tahun ini bertambah cukup banyak jika dibanding tahun-tahun sebelumnya. Saat ini ada 6 orang yang telah bersedia menjadi TPS, pertambahan ini terjadi karena beberapa orang yang telah kami bimbing selama SMA melanjutkan studi di Jember, sehingga kami bisa merekrut mereka dalam pelayanan kami.
Dari segi perintisan, puji Tuhan tahun ini Tuhan tambahkan 2 sekolah SMP yang mulai kami rintis pelayanan dalam bentuk KTB. SMPN 3 dan SMPN2 adalah sekolah favorit di kota Jember, diharapkan dari sekolah ini akan dihasilkan siswa-siswa yang bukan saja memiliki intelektual yang baik, tetapi memiliki juga kecintaan kepada Yesus dan FirmanNya. Sementara untuk sekolah SMAK Santo Yusuf dan SMA 4 belum membuahkan hasil, dan kemudian di tahun depan akan mengalami perubahan perintisan ke SMPN 1 yang dipilih karena favorit dan SMA 4 dipilih karena negeri, sesuai dengan rencana kami untuk melayani SMA-SMA negeri di Jember.
Dalam pembinaan akan dilaksanakan pembinaan tentang Prioritas Pelayanan. Untuk kepengurusan, rencananya Elisa (ketua TPS) akan pindah kota setelah wisuda pada akhir bulan Nopember ini, untuk itu sementara akan diadakan rekomitmen dan reformasi kepengurusan. Doakan rencana kami ini. (c:/jo)

Comments

Popular posts from this blog

ALUMNI BERMISI

NADIA KRISTANTI (Ketua Persekutuan Siswa Kristen Jember)